12 Feb 2011

Cacat Seumur Hidup

Author: nickyastri09 | Filed under: lain-lain, my story

awalnya aku tak pernah berpikir akan tergila-gila dengan cum laude. Popularitas akademikku dari sd hingga sma tercatat di piramid bagian tengah. Awalnya pun aku tak tertarik dengan cum laude, karena menurutku mustahil untuk mendapatkan titel cum laude. Tapi hasil belajar semester awal kuliahku di sini membuatku bermimpi memperoleh cum laude saat wisuda nanti, sungguh membanggakan.

Sayang beribu sayang, mimpi itu pupus di semester tiga. Menurutku mata kuliah saat itu termasuk yang tidak memberatkan, tapi entah kenapa malasnya bukan kepalang. Ada saja hal-hal diluar harapanku, hasil yang tidak seperti biasanya, membuatku ketar ketir di akhir semester. Bayang-bayang nilai mutu ‘C’ membayangi tiap harinya selama liburan akhir semester ganjil. Tiap kali ingat aku berdoa semoga ketidak absenanku di praktikum dan kuliah bisa mendorongku memperoleh nilai mutu ‘B’. Ada satu mata kuliah yang aku khwatirkan, manajemen basis data. Saat uts aku memperoleh kertas kopian setumpuk dari temanku. Mataku langsung seliwer, mustahil bisa menghapal semua ini dalam semalam. Akhirnya aku memakai teknik biasa dan biasanya pun berhasil, hanya membacanya saja, mengandalkan kemampuan hapalanku yang sempat mendapat predikat sangat baik saat test IQ semasa SMA dulu. Tapi entah kenapa saat ujian otakku blank, tak inget bahkan tak bisa membayangkan isi dari lembar-lembar kertas bahan kuliah yang kemarin kubaca. Benar-benar kecewa. Akhirnya aku pasrah, emncoba memperbaikinya di UAS.

Betapa kagetnya aku setelah UTS dosen yang mengajar mata kuliah mbd diganti. Aku senang sekaligus khawatir. Cara mengajarnya membuatku lebih mengerti, namun banyak kabar simpang siur dosen satu ini sangat teliti dalam memberi nilai. Aku berusaha husnuzhon, berdoa dan berusaha untuk memperbaiki  nilaiku.

UAS pun datang. Saat belajar aku merasa mantap dan merasa lebih baik dari uts lalu. Tapi begitu berhadapan dengan ujian model baru, bukan ujian manual dengan menggunakan pulpen dan kertas sebagai interface, sistem online ini membuatku kecil hati dan kembali membuyarkan otakku. Cemas, aku hanya mendapatkan 60.

Setelah mulai beraktifitas di semester 4, aku semakin was-was. Ayah menjawab smsku tentang ip yang dikirim ke rumah; 3,57, seharusnya aku senang dengan ip tersebut, tidak naik tidak turun, tetap, tapi entah kenapa hatiku merasa kosong, kecewa. Semester lalu dengan jumlah matkul yang sama ip sebesar itu terdiri dari 4 nilai ‘A’ dan 3 nilai ‘B’. Aku mulai berpikir positif, mungkin teknik risetku ‘B’, begitu pula dengan mbd. Tapi setelah mendapat telepon dari kakak di rumah, TRO-ku ‘A’, begitu pula dengan 4 matkul lainnya, B untuk Psi, dan- aku mulai putus asa- C untuk mbd.

Seharian aku masih belum bisa menerima. Project akhir sudah aku lakukan sebaik mungkin, bahkan aku banyak mengambil bagian, tak pernah sengaja membolos, dan bersikap baik , berharap memperoleh kebaikan penyelamatan nilai, tapi itu percuma. Itu tidak cukup. Ada cacat di transkrip nilaiku semester ini. Cacat seumur hidup.

Hhhhhh. Kini semua itu hanya ada dilamunanku. Predikat cum laude bergema sebelum namaku dipanggil untuk maju saat wisuda nanti. Sepertinya sungguh bahagia jika saat aku berjalan maju melihat ke barisan orang tuaku duduk, menatap anak bungsunya memperoleh predikat cum laude. Sebagai anak terakhir aku ingin mewujudkan keinginan orang tuaku yang belum terwujud itu. Tapi sayang, untuk semua itu harus aku hapus. Tidak ada harapan cum laude lagi. Kini aku hanya bisa berharap dan berusaha semaksimal mungkin meraih predikat sangat memuaskan. Berharap agar aku bisa menjadi anak yang berguna dan membahagiakan, terutama, orang tuaku..

Semoga Allah SWT membantuku…

Amin

20 Jan 2011

Our Journey to Sukamantri

Author: nickyastri09 | Filed under: lain-lain

Our Journey to Sukamantri

Alarm hp memang aku setting tepat jam 5 pagi. Mau ga mau aku terpaksa membuka mata untuk mencari nama salah satu sahabatku di phonebook. Setelah itu aku meneleponnya. Terdengar bunyi ‘tut’ beberapa kali namun kemudian mati. Kesimpulanku dia me reject panggilanku. Kenapa? Jiwa analisisku yg kian terlatih selama setahun belajar pemrograman mengatakan, dia sedang tidur, so me-reject panggilanku karena merasa terganggu. Saat kuhubungi lagi, tak aktif. Akhirnya aku putuskan untuk tidur lagi.

Pukul 05.30 WIB alarm hp berbunyi lagi. Kali ini aku bukan hanya harus membuka mata, tapi juga bangun seutuh-utuhnya. Kembali kucoba menelepon temanku itu. Tak ada jawaban. Akhirnya aku mengirimkan SMS. Setelah itu, melenggangkan tubuh ke kamar mandi untuk wudlu++( wudlu+cuci muka+sikat gigi no mandi).

Sekembalinya ke kamar, ada sekumpulan message tampil di layar hp. Salah satunya balasan darinya.

Mba, aku ora melu, mumet, baru tidur jam 2

“Hadeu……h”keluhku. “Duasar….duasar….”Padahal sudah aku ingatkan untuk jangan tidur terlalu malam saat chatingan semalam dengannya di FB.

Kemudian aku melihat ada beberapa message di atasnya. Satu per satu kubalas SMS itu, dan satu per satu mereka membalasnya. Kemudian kubalas lagi, begitu juga dengan mereka. Begitu terus sampai schedule sholat subuhku terpaksa molor.

Hari ini hari Minggu tepatnya tanggal 17 oktober 2010. Kelompok mentoringku berencana mengadakan touring ke Sukamantri. Weitz, manjat euy. Apapun yang berbau naik-naik ke puncak gunung aku melu dah….Dengan semangat aku ikut, sampai lupa kapan waktu perjanjian yang sebenarnya. Jadilah aku suruh teman-temanku yang lain kumpul di belakang PP jam 6 pagi. Percaya ga percaya aku baru keluar dari kosn 15 menit lewat dari jam 6. Setiba di belakang PP, Toeang! Hanya diriku seorang??!!!!

Dengan gelisah dan gulana ku SMS mereka ber 4. Ari, Alin, Nela, Ruby  dimana kalian????!!! Kutunggu mereka dengan gagah, karena aku akui penampilanku agak aneh dan tak sedikit orang yang lewat didepanku membuatku merasa di perhatikan( padahal mah kaga, :D).

Jadilah kami ber 5 kumpul di belakang PP jam setengah 7 pagi. Oalah tau gitu aku mandi dulu, keluhku begitu melihat penampilan teman-temanku seperti habis mandi. Rapih, kinclong, dan freshes. Mencapai BTM aku putuskan memilih angkot 06, tapi tidak sesuai harapan, karena Hari Minggu maka semua angkot yang melalui Sempur rutenya di alihkan ke Jambu Dua. Oalah sue! Tapi nasib teman kami lebih merana, dia terpaksa melewati kosnnya lagi setelah sekian lama naik angkot untuk meninggalkannya, maklum rute angkot jadi kacau saat Hari Minggu.

Setiba di BTM kami sarapan dulu. Setelah itu, kami bersebelas,  menuju Sukamantri dengan naik angkot jurusan Ciapus. Tiba-tiba angkot berenti di depan warung internet(Indomie telur kornet), macet karena ada pengecoran yang belum beres. Weleh..weleh…Tapi tak lama kemudian kami sampai di KM 0 menuju Wisata Alam Sukamantri. HOREEE!!!!

Turun dari angkot aku melihat jalan ringsek menanjak. Wah Seru juga nih, pikirku. Tapi pikiran itu jadi berubah setelah sekian lama berjalan ternyata jalan ringsek itu terus menanjak. Jadilah napas kami senin kamis. Tapi aku akui, pemandangan di kiri kanan kami Sungguh Bagus Subhanallah!

Sedang asyik-asyiknya cuci mata, aku di kejutkan dengan teman-teman di bagian depan yang tiba-tiba saja lari ketakutan. Aku melihat seorang bapak-bapak yang berpapasan dengan kami. Entah dia berkata apa, namun aku menangkap kesan tidak baik dari penampilan, paras wajah, tingkah laku, dan sorot matanya saat melihat kami ( Sok analisisnya bener aja!).

Tiba-tiba lagi teman-teman di bagian belakang berhenti ( aku pindah ke bagian depan), ada teman kami yang sakit.Setelah istirahat beberapa saat, kami teruskan lagi perjalanan(kata-katanya……lebay).

Di depan aku melihat ada spot yang oke buat bernarsis ria, jadilah aku, Ruby dan Dini berfoto di sana. Saat tiba giliran aku memotret, tiba-tiba saja ada yang menarik perhatianku tepat di belakang sebelah kiri Dini. Ada seorang bapak-bapak muncul tiba-tiba (Ting!) dari balik semak-semak. Aku tak begitu menghiraukannya, meski aku penasaran apa yang sedang dia lakukan, karena matanya menatapku!(Oh No!)

Tak disangka Bapak itu mendekati kami. Wedew, itu kan bapa yang aneh tadi. Kecil, pendek, kumisan, berselempang kain, dan membawa tas ga jelas isi apaan. Pake topi pula. Bapak itu kemudian mendahului kami berjalan di depan. Aneh pisan euy kelakuan bapak itu, ngapain dia berubah arah, padahal tadi dia menuju ke bawah, terus ngapain pula dia tadi tiba-tiba muncul begitu.Sambil megang-megang celananya pula( kayaknya).  Aku berusaha berpikir positif, meski ga sepenuhnya, karena aku terbiasa percaya dengan instingku (Lebe!).

Kelakuan bapak itu semakin aneh. Dia kemudian berbalik arah mendekati kami, aku yang berada di bagian depan mendengar dia berkata sesuatu tapi tidak begitu aku tangkap, yang jelas dia melakuakan hal yang tidak baik dengan teman-teman di bagian belakang. Setelah itu ia menghilang. Tapi dia muncul lagi, menghilang lagi, muncul lagi, menghilang lagi dan seterusnya selama perjalanan kami terasa menakutkan.Apalagi kami mesti berhenti untuk mengistirahatkan sejenak teman kami yang sakit, plus jalan yang sepi dari penduduk dan perumahan. Puncaknya saat kami berada di jalan ringsek tanpa rumah penduduk. Alone. Girls. Tapi bersebelas. Itu modal kami. Tapi dengan sebagian yang ketakutan, terasa kurang dari setengah jumlah total. Dengan takut-takut berani aku mengawasi sekitar saat kami istirahat. Sayang, pemandangan di sana yang begitu bagus jadi tak terhiraukan karena kami melihat pemandangan spooky dari bapak tadi yang tiba-tiba muncul lagi dari balik semak-semak. Aneh juga tuh bapak, bisa tetep konsisten ngikutin kami meski tadi kami sempet numpang naik truk.

Bapak itu muncul lagi. Dia berkata pada kami yang di depan tapi tak kami hiraukan. Dan kelakuannya semakin tak termaafkan saat dia menyentuh paha salah satu teman kami yang di belakang, plus sambil berkata sesuatu yang pasti akan di sensor kalau muncul di televisi. Aku semakin marah dengan kelakuannya yang semakin tak menghargai kami. Tapi aku juga merasa resah dengannya. Kalau dia kosong (ga punya kekuatan, kemampuan dll + ga bawa benda tajam), aku berani ngelawan dia, toh tubuhnya kecil, sekali tendang bisa mental. Tapi kalo dia berisi, lain lagi soalnya. Jangan-jangan kami lempari batu segede pesawat pun dia tetep oke-oke aja. Bahaya to? Lebih baik kami tak merespon, tapi tetap berjaga-jaga( sok bijak lo!).

Sempat terpikir untuk tidak meneruskan perjalanan. Tapi aku pikir itu percuma, karena kalau pun kami kembali bapak itu akan tetap meneror kami (bahasanya kaya di pilem-pilem!).Selain itu kami jadi rugi kuadrat( tetep di terror+ ga sempet nyampe tujuan). Dengan Wejangan Teh Aul dan berbekal beberapa bongkahan batu di tangan, kami berjalan dengan gagah melalui jalan ringsek. Beberapa kali kami berpapasan dengan pengunjung yang turun dari Sukamantri. Berulang kali pula kami mencoba mencari informasi terkait keadaan di depan sana+curhat. Jujur, informasi itulah membuatku semakin berani, karena ternyata di depan nan jauh di sana ada banyak orang berkumpul menunggu kami (Ce’ile…).

Teman di belakang kembali melihat bapak itu lagi. Tapi ia hanya berjalan mengikuti kami. Kami menangkap ada gapura bertuliskan Wisata Alam Sukamantri di depan sana. Dengan semangat kami berjalan mendekati. Bagitu pula dengan Alin, di tengah-tengah menahan rasa sakitnya. Tepat di bawah gapura, rombongan belakang kembali istirahat. Aku , Wilda, dan Ari menunggu -+ enam meter di depan. Setelah melewati gapura tadi, ternyata keadaannya mirip di hutan-hutan. Jujur, aku ciut di sana. Pengalaman nonton film horror yang membuatku berhayal yang tidak-tidak mengenai bapak tadi, apalagi dia penduduk sini pasti tahu jelas dengan keadaan di sini. Akhirnya aku menghampiri Teh Aul yang berada di rombongan belakang. Ia berkata tempat tujuan kami tidak jauh, tiga belokan lagi. Aku sedikit tenang dengan keterangan teh Aul, meski aku bisa menangkap sosok bapak tadi dari sana sambil menatapi kami dengan sorot matanya yang tak enak di pandang.

Setelah oke, kami berjalan kembali. Aku semakin waspada dengan sekitar, karena jalan tadi memutar-mutar, dan bapak tadi bisa nongol darimana saja. Jika dia berlaku aneh lagi, aku putuskan akan melemparinya dengan batu di tangan. Meski perasaanku jadi gak karuan karena ternyata masih banyak belokan memutar  yang mesti kami lalui, tapi ada ketenangan di hatiku. Beberapa kali kami berpapasan dengan kendaraan yang turun dan naik, pertanda kami dekat dengan lokasi wisata. Aku jadi kenduran, gak setegang tadi. Finally, kami sampai di pos penjaga. Alhamdulillah!!!!!!!!!

Setiba di sana kami menongkrongi salah satu warung yang berjejer di lokasi wisata. Curhatan kami mengalir begitu saja saat ngobrol-ngobrol dengan ibu-ibu penjualan itu. Dari Ibu itu kami mengetahui sejarah bapak tadi. Ternyata awalnya dia waras seperti kebanyakan orang, tapi setelah di operasi, dia jadi tak etis dengan pengunjung wanita. Darinya pula kami tahu bukan kami sajalah korban bapak itu, bahkan ada siswi kelas lima yang menjadi korbannya. Wuih, terror mencekam tadi bener-bener menguji kami. Tapi saat ini kami telah berada di tempat yang aman. Setelah menenangkan diri dengan makan-makan dan minum, kegilaan kami muncul kembali. Sempat pula kami memotret bule dan nguping pembicaraan mereka ( padahal mah kaga ngarti) yang sedang berkemah tak jauh dari lokasi kami beristirahat.

Usai melaksanakan liqo dan sholat dzuhur, kami mengabadikan momen alias narsis-narsisan. Setelah semua aktifitas itu, kami kembali ke warung ibu tadi untuk menanyakan angkot yang akan mengantar kami pulang. Keputusan merental angkot kami ambil karena khawatir bapak itu masih menunggu kedatangan kami dengan setia di pengkolan gapura. Tapi nasib berkata lain, angkot itu belum datang, padahal udah ngaret dua jaman( megalithikum dan neolithikum), karena terjebak macet. Kami masih menunggu kedatangan angkot itu, meski kami resah dengan janji-janji dan tugas kami yang menunggu. Beberapa teman kami memutuskan akan pulang berjalan kaki, tapi aku pikir percuma. Selain khawatir kehadiran bapak itu, aku pikir akan membuang-buang waktu saja, karena dengan berjalan kaki akan menghabiskan waktu yang bisa saja lebih lama dibanding menunggu kedatangan angkot. Aku sih pasrah aja, lagi pula kakiku pegel.

Untungnya angkot pun datang, so kami bisa pulang safely dan faster. Untung kami merental angkot, jadilah kami melewati jungle( hahaha, lebe!). And finally, we arrived at Malabar. Tapi kisahku dan Nela belum berakhir sampai di situ. Kami turun di PP, dan berjalan menuju kosn masing-masing. Saat berada di depan Politeknik Kent, aku melihat seorang bapak-bapak memegang hp’a dengan tak wajar(bapak-bapak lagi???!!!!). Nela mendorongku berjalan kesamping, dan bapak itu pun mengarahkan hpnya mengikuti perpindahan posisi kami. Aku shock. Bapak tadi memotret kami! Untuk apa???!!! Aku menengok ke belakang, ternyata benar bapak tadi memotret kami. Pikiranku jadi kacau, jadilah hanya bisa berpasrah diri.

Setelah mandi+makan+sholat ashar, aku berpikir kembali. Kenapa tadi tidak kurampas saja hp bapak tadi dan menghapus foto kami, atau mengejarnya sambil menegurnya? Dodol!  Aku menghembuskan napas, semoga foto kami enggak di apa-apain, doaku sebelum terlelap tidur.

Penampakan saat memotret Dini dan Ruby…

Tiba di Taman Wisata Sukamantri dengan legHAAAAAAaaaa…

Sempat naik truk menuju tempat wisata, fuih goyangan truknya itu lo yg kga nahaaaan…

😀

7 Jul 2010

Without words lyrics

Author: nickyastri09 | Filed under: lain-lain

Without words. Yang pernah nonton serial korea you’re beautiful pasti tau lagu ini. Dan yang pernah denger lagu ini, pasti tau seberapa dalemnya lagu ini <dalem, ky sumur aje>. Biasanya saya suka lagu korea dari enak enggaknya lagu itu di telinga saya, tapi klo lagu ini, saya suka dari syairnya, bener-bener dalem, kaya kisah di filmnya.

Park Shin Hye – Without A Word
[You’re Beautiful O.S.T]

korean:

하지말걸 그랬어 모른척 해버릴걸
안보이는 것처럼 볼수없는 것처럼
널 아 예 보지말 걸 그랬나봐
도망칠 걸 그랬어 못들은척 그럴걸
듣지 도못하는 척들 을 수 없는 것처럼 아 예 네
사랑 듣지 않을 걸

말도없이 사랑을 알게 하고
말도없이 사랑을 내게주고
숨결하나조차 널 담게 해놓고 이렇게 도망가니까
말도없이 사랑이 나를떠나
말도없이 사랑이 나를 버려
무슨 말을 할지 다문 입이 혼자서 놀란것 같아
말도없이 와서

왜 이렇게 아픈지 왜 자꾸만 아픈지
널 볼수 없다는거
네가 없다는거 말고
모두 예전과 똑같은건데

말도없이 사랑을 알게 하고
말도없이 사랑을 내게주고
숨결 하나조차 널 담게 해놓고 이렇게 도망 가니까
말도없이 사랑이 나를떠나
말동벗이 사랑이 나를버려
무슨말을 할지 다문입이 혼자서 놀란것 같아
말도없이 눈물이 흘러내려 말도없이 가슴이 무너져가

말도 없는 사랑을 기다리고 말도 없는 사랑을 아파하고
넋이 나가버려 바보가 되버려 하늘만 보고우니까
말도없이 이별이 나를찾아 말도 없이 이별이 내게와서
준비도 못하고 너를 보내야하는 내맘이 놀란것 같아
말도 없이 와서

말도없이 왔다가
말도없이 떠나는
지나간 열병처럼
잠시 아프면 되나봐
자꾸 흉터만 남게되니까

Latin :

hajimalgeol geuraesseo moreuncheok haebeorilgeol
anboineun geotcheoreom bolsueobneun geotcheoreom
neol a ye bojimal geol geuraetnabwa
domangchil geol geuraesseo moteureuncheok geureolgeol
deudji domotaneun cheokdeul eul su eobneun geotcheoreom a ye ne
sarang deudji anheul geol

maldoeobshi sarangeul alge hago
maldoeobshi sarangeul naegejugo
sumgeolhanajocha neol damge haenoko ireoke domanganikka
maldoeobshi sarangi nareulddeona
maldoeobshi sarangi nareul beoreo
museun mareul halji damun ibi honjaseo nollangeot gata
maldoeobshi waseo

wae ireoke apeunji wae jagguman apeunji
neol bolsu eobdaneungeo
nega eobdaneungeo malgo
modu yejingwa ddokateungeonde

maldoeobshi sarangeul alge hago
maldoeobshi sarangeul naegejugo
sumgyeol hanajocha neol damge haenuko ireoke domang anikka
maldoeobshi sarangi nareulddeona
maldongbeoshi sarangi nareulbeoryo
museunmareul halji damunibi honjaseo nolangeot gata
maldoeobshi nunmuri heulreonaeryeo maldoeobshi gaseumi muneojyeoga

maldo eobneun sarangeul gidarigo maldo eobneun sarangeul apahago
neokshi nagabeoryeo baboga dwibeoryeo haneulman bogo uhello kitty
maldoeobshi ibyeori nareulchaja maldo eobshi ibyeori naegawaseo
junbido motago neoreul bunaeyahaneun naemami nullangeot gata
maldo eobshi waseo

maldoeobshi watdaga
maldoeobshi ddeonaneun
jinagan yeeolbyeongcheoreom
jamshi apeumyeon dwinabwa
jaggu hyungteoman namgedwaenikka

English :

I should have done that
I should have ignored it
like something i couldn’t see
I shouldn’t have looked at you at all
I should have run away
I hould have acted like i didn’t hear it
like something I couldn’t hear.
I shouldn’t have listened to love at all

Without a word , you let me know love
Without a word, you give me love
You made me even hold your breath but you ran away like this
Without a word, love leaves me
Without a word, love tossed me away
what should I say next?
my closed lips were surprised on their own
coming without any words

Why does it hurts so much?
Why does it hurts continuously ?
Except for the fact that i can’t see you anymore
And that you are not here anymore
Otherwise, it’s the same as before.

Without a word , you let me know love
Without a word, you give me love
You made me even hold of your breath but you ran away like this
Without a word, love leaves me
Without a word, love tossed me away
What should I say next?
My closed lips were surprised on their own
Without a word, tears fall
Without a word, my heart breaks down.

Without a word, i waited for love
Without a word, love hurts me
I zoned out. I become a fool because I cry looking at the sky
Without a word, firewell finds me
Without a word, the end comes to me
I think my heart was surprised to send you away without any preperations
It came without a word.

Without a word, it comes and leaves
Like the fever before
Maybe all I need to do is endure the hurt for a while
Because in the end, only scars are left.

Indonesia:

Tanpa kata-kata

Seharusnya aku melakukan itu
Seharusnya aku mengabaikannya
seperti sesuatu yang  tidak bisa aku lihat
Seharusnya aku tidak melihatmu sama sekali
Seharusnya aku lari
aku harus berlaku seakan-akan tidak mendengarnya
seperti sesuatu yang tidak bisa didengar.
Seharusnya aku tidak mendengarkan cinta sama sekali

Tanpa kata, kau membiarkanku tahu akan cinta
Tanpa kata, kau memberiku cinta
Kau membuatku merasakan nafasmu, tetapi kau pergi seperti ini
Tanpa kata, cinta meninggalkanku
Tanpa sepatah kata, cinta membuangku
apa yang harus aku katakan selanjutnya?
bibir terkatup, aku terkejut sendiri
datang tanpa sepatah kata pun

Mengapa perih sekali?
Mengapa perih terus menerus?
Kecuali kenyataan bahwa aku tidak dapat melihat kau lagi
Dan bahwa kau tidak di sini lagi
Jika tidak, itu sama seperti sebelumnya.

Tanpa kata, kau membiarkanku tahu akan cinta
Tanpa kata, kau memberiku cinta
Kau membuatku merasakan nafasmu, tetapi kau pergi seperti ini
Tanpa sepatah kata, cinta meninggalkanku
Tanpa sepatah kata, cinta membuangku
Apa yang harus aku katakan selanjutnya?
bibir terkatup, aku terkejut sendiri
Tanpa kata, air mata jatuh
Tanpa sepatah kata, telah menghancurkan hatiku.

Tanpa kata, aku menunggu untuk cinta
Tanpa sepatah kata, cinta menyakitkan bagiku
Aku telah menyerah. aku bodoh karena  menangis saat melihat langit
Tanpa sepatah kata, firewall menemukanku
Tanpa kata, akhirnya datang padaku
aku berpikir hatiku terkejut mengusir dirimu tanpa persiapan
Itu datang tanpa sepatah kata pun.

Tanpa sepatah kata, ia datang dan pergi
Seperti demam sebelumnya
Mungkin yang perlu aku lakukan adalah menahan sakit untuk sementara
Karena pada akhirnya, hanya bekas luka yang tersisa.

ekylyrics, edited by nicky

19 Jun 2010

Get layout for your facebook

Author: nickyastri09 | Filed under: Academic

Tips untuk merefresh penampilan fb salah satunya ya dengan menggunakan layout. Di sini kamu bisa mengubah layout facebookmu dengan berbagai warna dan motif.  So, facebook mu ga pucet biru lagi n lebih menarik.

Caranya kunjungi site pagerage atau klik disini

setelah itu instal plug in-nya, ikuti step-step penginstalannya, lalu kunjungi lagi site-nya, dan pilih jenis layout yang kamu mau.

Sebelum mengklik select, pilih dulu, layout kamu akan tampil d semua page atau only profile. Dan cek facebookmu ke go to facebook

Check this out!

19 Jun 2010

Photoscape: edit foto sesukamu

Author: nickyastri09 | Filed under: Manajemen Informatika

Photoscape. Mungkin kata itu tidak asing lagi di sebagian orang, karena software ini memang bukan termasuk sw baru lagi. Photoscape yang fungsinya sangat mirip dengan Photoshop, bersifat freeware, lebih ringan dan ga ribet dipakainya. Photoshop pun ada yang berupa versi portablenya.

Fitur-fitur yang terdapat di Photoscape diantaranya :

  1. Viewer : Menampilkan File Foto dan Gambar yang tersedia pada Komputer
  2. Editor : Fitur untuk melakukan edit seperti Pemotongan, Ubah Ukuran, Menambah Bingkai, Efek Warna dan Pencahayaan, Penambahan Objek seperti Gambar Kartun, Teks dan lain sebagainya.
  3. Batch Editor :  Akumulasi perubahan terhadap beberapa Foto atau Gambar yang di edit.
  4. Page : Mengabungkan beberapa Foto kedalam kotak-kotak yang telah tersedia menjadi suatu  halaman
  5. Combine : Mengkombinasikan beberapa Foto menjadi satu
  6. AniGif : Membuat animasi Gif dengan menggabungkan beberapa Foto atau Gambar
  7. Print : Mencetak Foto atau Gambar dengan berbagai ukuran
  8. Splitter : Melakukan pemotongan atau pembagian suatu gambar atau foto
  9. Screen Capture : Menangkap Gambar yang ada dilayar Komputer dari beberapa sudut (Fullscreen, Window dan Region)
  10. Color Picker : menentukan atau memilih suatu warna
  11. Raw Converter : Convert gambar dari Raw menjadi Jpeg
  12. Rename : Menganti nama suatu File Foto atau Gambar
  13. Home Page : Tautan menuju homepagenya Photoscape

berikut adalah screenshotnya :

Berikut adalah contoh hasil editan foto menggunakan Photoscape :

untuk mendownload sw ini silakan klik

19 Jun 2010

Let go = life must go on

Author: nickyastri09 | Filed under: Academic

Judul           : Let Go

Pengarang : Windhy Puspitadewi

Penerbit     : Gagas Media

Harga          : Rp. 35.000,00

Apa sih arti kehilangan bagimu?

Apa sih arti sahabat bagimu?

Apa sih arti cinta bagimu?

Dan apa sih arti pengorbanan, kehidupan, penghargaan bagimu????

Raka, seorang siswa yang terkenal bandel, suka berantem , dan enggak populer di eksak ternyata mengalami jalan hidup yang mengharukan.

Ia menemukan sahabat yang tiada tara mengejutkannya, Nathan. Siapa sangka seorang yang jenius, genteng, namun sinis itu menyimpan rahasia yang tak terduga. Rahasia yang akhirnya mempersatukannya dengan siswa-siswa lain yang awalnya berpendapat dirinya bukanlah sosok yang ramah dan rendah hati.

Lalu Sarah, si pemalu yang begitu lemah untuk menolak, dan Nadya, siswi super yang jago di segala bidang, yang dengan kemampuannya membuat para siswa menopang dagu.

Dan siapa sangka apa yang terlihat di luar begitu berbeda dengan apa yang ada di dalam. Itulah yang dirasakan Raka ,yang karena sifatnya yang serba ingin tahu urusan orang lain, membuatnya turut andil dalam masalah orang lain. Kejutan-kejutan fakta dalam novel fiksi ini membuat kita mengambil hikmah dan merenungi kehidupan. Serta mengajarkan kita lebih banyak tentang arti kehilangan.

18 Jun 2010

go Indonesia Membaca!

Author: nickyastri09 | Filed under: Academic

Suka baca novel?

Novel- novel karangan Agatha Christie, Conan Doyle, Thomas Harris, Enid Blyton atau karangan Dan Brown?

dapatkan ebooknya di sini

untuk mendownload reader format Djvu, klik di sini

selamat membaca yo…

18 Jun 2010

Riwayatmu kini….

Author: nickyastri09 | Filed under: Academic

Bengawan Solo
Riwayatmu ini
Sedari dulu jadi
Perhatian insani

Musim kemarau
Tak seb’rapa airmu
Di musim hujan, air
meluap sampai jauh

Ref:

Mata airmu dari Solo

Terkurung Gunung Seribu
Air mengalir sampai jauh
Akhirnya ke laut

Itu perahu
Riwayatmu dulu
Kaum pedagang s’lalu
Naik itu perahu

Ada yang tahu apa judul dari lirik lagu di atas? Yupz bener banget…”Bengawan Solo”.

Gesang lahir di Surakarta atau dengan nama lain Solo pada 1 Oktober 1917. Gesang adalah seorang pencipta lagu dan penyanyi. Ia dikenal sebagai Maestro Keroncong Indonesia.  Lagu ciptaannya yang membuat namanya melambung hingga ke Asia dan Eropa adalah Bengawan Solo. Siapa sangka lagu ini telah di buat terjemahannya ke 13 bahasa. WOW! Hebatnya lagi lagu yang telah dibuat 70 tahun yang lalu ini masih terdengar akrab ditelinga kita.

Lagu  ini di ciptakaan oleh Gesang Martohartono atau yang lebih kita kenal denga Gesang pada usianya yang ke 23 pada tahun 1940. Saat itu Gesang muda tengah duduk di tepian Bengawan Solo, lalu terinspirasilah ia untuk membuat lagu ini.

Siapa sangka pula lagu Bengawan Solo ini begitu terkenal di Jepang. Para tentara jepang yang menjajah Indonesia saat itu membawa lagu ini ketika kembali ke Jepang. Sontak lagu ini pun jadi populer di sana hingga dibuatlah versi Jepannya. Mungkin kalau kita jalan-jalan ke Jepang dan menyanyikan lagu ini orang-orang di sana tidak asing mendengarnya ya…haha

Subhanallah sekali ya Indonesia memiliki sosok seniman seperti Gesang, yang dengan karyanya ikut mengharumkan nama Indonesia.Bahkan sepeninggalnya, tanggal 20 Mei 2010,  pun ia tetap harum di mata generasi muda Indonesia.

Selamat jalan Gesang, semoga Indonesia dapat melahirkan Gesang-Gesang lainnya di masa mendatang..

Bagi yang mau mendengarkan lagu Bengawan Solo, download di sini….

17 Jun 2010

Just for you…

Author: nickyastri09 | Filed under: Academic

Dulu terasa begitu melelahkan…

terasa begitu menyebalkan…

terasa begitu menyiksa…

Tawa canda, memang kita lalui bersama…

tapi saat angkara terjadi, kita saling menjauh…

saling membenci…

berharap segera berpisah, tak bertemu kembali…

bahkan segala kebaikan pun terlupakan karena setitik noda..

Tapi sekarang…

semua itu terasa manis…

terasa menyenangkan…

terasa konyol, lucu…

mengharukan…

mengingat kebersamaan kita…

kalian ada, aku ada…

di satu tempat, di SMA Negeri 1 Cirebon…

yang kita bela, yang kita junjung…

“Wakbadjra Elmuning Ciswa”

17 Jun 2010

Linux goes on…

Author: nickyastri09 | Filed under: Academic

Apa sih linux itu????

Itu merupakan pertanyaan saya setahun yang lalu, saat menonton salah satu acara talk show d sebuah televisi swasta. Apa sih linux itu? kenapa  mereka menggembor-gemborkan tentang linux sebegitu semangatnya? Bahkan guru-guru di bidang IT di SMA-ku juga senang membicarakan linux.

Harap maklum, dulu saya bukan orang yang merasa hidup di dunia IT, jadi masih gaptek dengan hal-hal yang berbau teknologi. Tapi untuk soal internet, saya semangat….Oleh karena itu saya mencoba browsing di internet, namun sayang, saya tak begitu mengerti dengan apa yang mereka tulis, alias belum konek.

Linux mulai terdengar kembali setelah saya masuk ke sebuah universitas di Kota Bogor, yaitu dari dosen jaringan komputer, beliau mencekoki kami dengan linux dari distro slackware. Wow! Kukira Linux is Ubuntu. Only Ubuntu. Ternyata Linux memiliki banyak distro dengan keunggulan masing-masing. Bahkan adapula distro Linux ti Indonesia.

Linux adalah sebuah Open Source. Opo jenenge Open Source niku???

Open Source adalah istilah yang digunakan untuk software-software yang membuka/membebaskan source codenya dilihat dan diperbaiki oleh orang lain. Dengan kata lain software yang open source dapat dimodifikasi oleh orang lain sesuai kebutuhannya secara halal, karena tidak perlu membayar lisensi alias gratis. Biasanya software yang open source di dapat melalui internet. Oleh karena Linux merupakan salah satu software yang open source, kita bisa memperoleh linux secara gratis melalui internet, dan memodifikasikannya sesuai kebutuhan kita tanpa takut di penjara, kalau kita bisa.

Linux memiliki beberapa distro yang menawarkan produk-produk linux, misalnya Ubuntu, Slackware, Fedora, Mandriva, Blangkon, dll. Distro atau distributor linux tersebut memiliki kelemahan dan keunggulan tersendiri. Berikut adalah keterangan sebagian distro-distro linux yang ada :

1. Xandros
Xandros Linux adalah sebuah distro Linux yang berdasarkan pada sistim KDE.
Tampilannya sangat mirip dengan Microsoft Windows, jadi apabila dioperasikan sangat mudah dan nyaman
Kelebihan …!
1. Mudah menginstallnya
2. Mudah dalam sharing file dan folder dengan komputer windows
3. Lumayan gegas (Atlon XP 1,7 RAM 256)
4. Tampilan cool dan oke
5. Menunya lumayana mudah (berbasis KDE)
Kekurangan
1. Tidak sepenuhnya free
2. Distro Linux (Singkatan dari distribusi Linux) adalah sebutan untuk sistem operasi komputer dan aplikasinya, merupakan keluarga Unix yang menggunakan kernel Linux.
Distribusi Linux bisa berupa perangkat lunak bebas dan bisa juga berupa perangkat lunak komersial.:
3. Red Hat Linux
Red Hat adalah distro yang cukup populer di kalangan pengembang dan perusahaan Linux.

4. Ubuntu
Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian.
Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth).
Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”.

5. CentOS CentOS adalah sistem operasi bebas yang didasarkan pada Red Hat Enterprise Linux (RHEL).
CentOS singkatan dari Community ENTerprise Operating System (Sistem Operasi Perusahaan buatan Komunitas/Masyarakat).

6. Debian
Debian adalah sistem operasi berbasis kernel Linux.
Debian adalah ‘kernel independen’, yaitu sistem operasi Debian dikembangkan murni tanpa mendasarkan pada sistem operasi yang telah ada.

7. Fedora
Fedora (sebelumnya bernama Fedora Core, terkadang disebut juga dengan Fedora Linux) adalah sebuah distro Linux berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat.
Nama Fedora berasal dari karakter fedora yang digunakan di logo Red Hat.

8. Knoppix
Knoppix adalah distro Linux live-cd yang dapat dijalankan melalui CD-ROM tanpa instalasi di hard disk.
Distro ini berbasis Debian Linux dan diciptakan oleh Klaus Knopper.

9. Gentoo

Gentoo Linux adalah suatu distribusi Linux yang memakai paket sistem manajemen Portage. [Bandingkan dengan: Debian yang menggunakan paket .deb, RedHat / Mandrake yang menggunakan paket .rpm].
Manajemen paket ini dirancang untuk modular (mudah ditambah-tambah), portabel (dapat di port ke distro lain), mudah ditata, fleksibel, dan dioptimalkan untuk masing-masing komputer pengguna.

10. Slackware
Slackware merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Patrick Volkerding dari Slackware Linux, Inc. Slackware merupakan salah satu distro awal, dan merupakan yang tertua yang masih dikelola.
Tujuan utama Slackware adalah stabilitas dan kemudahan desain, serta menjadi distribusi Linux yang paling mirip Unix

11. Mandriva Linux
Mandriva Linux (dahulu dikenal dengan nama Mandrakelinux atau Mandrake Linux) adalah sistem operasi yang dibuat oleh Mandriva (dahulu dikenal dengan nama Mandrakesoft).
Mandriva Linux menggunakan RPM Package Manager.

11. openSUSE
SUSE sebelumnya bernama SUSE Linux dan SuSE Linux Professional adalah salah satu distro Linux dari perusahaan Novell, atau lebih tepat dari anak perusahaannya Suse Linux GmbH (Software- und System-Entwicklungsgesellschaft mbH, Nürnberg yang berarti pengembangan -perangkat lunak dan -sistem)

12. Freespire
Freespire adalah versi gratis dari distro Linspire (a.k.a Lindows), kemudian mungkin dikarenakan permasalahan nama, berubah menjadi Linspire.

13. Linux Mint
Linux Mint adalah sistem operasi berbasis Linux untuk PC.
Inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, sehingga aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint.

14. PCLinuxOS
PCLinuxOS, sering disingkat sebagai PCLOS, adalah sebuah sistem operasi desktop.
Ini adalah sebuah sistem operasi bebas untuk komputer pribadi yang bertujuan untuk memudahkan penggunaan.

15. Puppy Linux
Puppy Linux adalah salah satu distro Linux Live CD yang sangat kecil ukurannya dan mengutamakan kemudahan dalam penggunaan.
Seluruh sistem operasi dan aplikasinya berjalan dalam RAM, yang membolehkan media booting dilepas setelah sistem operasi berhasil dijalankan.

16. Sabayon Linux
Sabayon Linux, merupakan salah satu turunan Gentoo.
Gentoo merupakan sebuah sistem operasi bebas berbasis source (Linux maupun FreeBSD) dengan metode instalasi kompilasi dan optimasi untuk CPU yang bersangkutan, dengan model kustomisasi semua paket atau hanya paket aplikasi yang dibutuhkan

17. Turbo Linux
TurboLinux menargetkan pada produk berbasis Linux dengan kinerja tinggi untuk pasar workstation dan server terutama untuk penggunaan clustering dan orientasinya ke perusahaan.
Pengguna produk dan layanan TurboLinux terbanyak adalah perusahaan dan perorangan di Jepang dan Asia.

18. Damn Small Linux
Damn Small Linux (DSL) adalah salah satu distro/varian linux mini. Disebut mini karena paket DSL cuma 50MB besarnya. DSL juga memungkinkan untuk diinstall di USB 128MB.
19. Kuliax
Kuliax adalah sebuah distribusi Linux LiveCD yang dikembangkan oleh Kuliax Project untuk pendidikan di universitas. Distribusi ini berbasis Debian GNU/Linux dan Knoppix, serta telah dioptimasi ke arah penggunaan desktop Linux.
20. Lycoris
Lycoris adalah distro linux yang telah membuat versi linux yang cantik dan menyerupai WinXP, dari segi warna,icon, maupun kemudahan-kemudahan yang ada. Dari tampilan-tampilan screenshot pada situsnya Anda dapat mengamati bahwa memang Lycoris merupakan distro Linux yang pintar mempercantik diri sehingga dengan menggunakan Lycoris Anda akan merasa bekerja dengan Windows XP. Bahkan OpenOffice yang dipaketkan dengan Lycoris memiliki icon-icon yang cantik dan khas Lycoris. Lycoris memiliki paket-paket yang berbeda, dan paket distro Linuxnya dinamakan Desktop /LX. Lycros memiliki fasiltias IRIS yaitu Internet Rapid Installer for Software untuk mengupdate Linux Anda dengan software-software baru. Hanya saja distro ini tidaklah gratis dan Anda perlu membayar dengan sejumlah “dollar US”.

21. Lindows
Lindows masih kalah dibanding Lycoris dalam segi kecantikan tampilan tetapi Lindows telah lebih matang dan telah mencapai versi 4.0. Fasilitas yang menarik dari Lindows adalah Click-n-Run yaitu fasilitas mendapatkan ribuan software Linux yang sudah dikonfigurasi untuk Lindows dengan sekali klik dan proses instalasi ini juga dapat menambahkan shortcut di desktop dan daftar program secara otomatis.Lindows juga merupakan produk komersial.
22. Linare
Linare memiliki distro Linux khusus desktop dan paket CPU yang sudah terinstall Linare. Linare masih jarang terdengar dan merupakan pendatang baru. Linare juga merupakan produk komersial.

/*dikutip dari

1. dhani blog
2. Cloudyardy

*/

Oh ya, keunggulan linux secara garis besar selain stabil, juga gratis/ murah, jarang terjadi crash, no virus(karena biasanya virus dibuat untuk OS yang bersifat sejuta umat/ umum), dan ga begitu ribet.

So, tinggal pilih distro yang sesuai dengan kebutuhanmu. Saran saya dalam memilih distro linux, adalah pilihlah distro linux yang sama dengan kenalan Kamu, karena jika suatu saat kita menemui masalah, kita bisa melakukan diskusi, atau sekiranya dapat mengetahui informasi tentang linux yang kita pakai. Go Open Source!

hehe

bit torrents lotus karls mortgage calculator mortgage calculator uk Original premium news theme